Selasa, 01 Februari 2011

Adakah manfaat semut bagi manusia?

Selama ini mungkin kita tidak tahu kalau hewan kecil bernama semut ternyata memiliki manfaat bagi manusia, berikut beberapa informasi yang saya dapatkan mengenai semut hewan kecil yang menyakitkan namun ada beberapa dari kerja keras semut yang bisa kita contoh dan beberapa manfaat yang kita bisa dapatkan: 

1. Semut yang Saling Memberi Makan
Semut dari spesies yang berlainan berusaha tidak saling bertemu selagi mencari makanan. Setiap spesies mencari jalan masing-masing untuk mencapai sumber makanan. Jika semut tidak sengaja memasuki wilayah kekuasaan koloni lain, perang pun terjadi. Dalam situasi seperti ini, semut penjelajah segera kembali ke sarangnya dan menutup pintu masuknya, sedangkan seluruh anggota koloni berkumpul dan bersama-sama melindungi koloni dari bahaya. Jadi, bagaimana semut makan selama pertempuran, padahal mereka tidak sempat mencari makanan?
2. Membawa Makanan dengan Teknik yang Rasional
Semua spesies semut, yang jumlahnya mencapai kira-kira 8800 spesies, mencari makanan dan membawanya pulang dengan cara yang berbeda-beda. Dalam spesies-spesies tertentu, semut berburu sendirian dan membawa pulang makanannya masing-masing. Spesies lain berburu berkelompok dan membawa serta menjaga makanannya bersama-sama.
3. Semut dan Jejak Bau
Teknik komunikasi dengan jejak (mengikuti jejak bau) sering digunakan oleh semut. Banyak contoh yang menarik dalam hal ini, Suatu spesies semut yang hidup di gurun pasir di Amerika mengeluarkan bau khusus yang diproduksi di kantung racunnya jika ia menemukan serangga mati yang terlalu besar atau berat untuk dibawanya. Teman-temannya sesarang dari jauh dapat mencium bau yang dikeluarkan dan mendekati sumbernya. Ketika jumlah semut yang berkumpul di sekitar mangsa sudah cukup, mereka membawa serangga tersebut ke sarang.
5. Teknik Berburu yang Sempurna
Beberapa spesies semut menggunakan gigi untuk memakan telur laba-laba, ulat, serangga, dan rayap. Banyak spesies semut (misalnya Dacetine) yang khusus memakan serangga tanpa sayap. 
Ada juga penelitan yang mengatakan bahwa sarang semut ternyata memiliki berbagai manfaat seperti mengobati penyakit kanker, kloesterol, maag, asam urat dll. Semut juga di ternyata bermanfaat bagi petani kakao yang di gunaan sebagai pembasmi tanaman, semut hitam dan semut rangrang adalah jenis semut yang digunakan untuk membasmi serangan hama PBK.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buatlah sebuah komentar yang membangun demi perbaikan blog ini..