Kamis, 03 Maret 2011

Ternyata ada cara mengembalikan data yang sudah dihapus dengan Shift+delete!

Selama ini kebanyakan orang sering menghapus data-data dengan menggunakan tombol delete ataupun shft+delete, tapi bagaimana kalau kita tidak sengaja menghapus data yang penting atau ada data yang sudah dihapus tapi kita masih memerlukannya?
Jangan khawatir ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan data tersebut. Kalau kita menghapus data hanya dengan tombol delete itu tak masalah karena data tersebut masih bisa kita temukan di Recycle Bin, tinggal masuk ke recycle bin maka semua data yang dihapus dengan tombol delete akan muncul tinggal klik kanan pada data tersebut lalu pilih Copy setelah itu Paste di tempat lain maka data yang sudah dihapus akan kembal bisa digunakan!
Tapi bagaimana dengan Shift+delete? data-data yang sudah dihapus tidak muncul lagi direcycle bin? Untuk menangani masalah yang satu ini memerlukan aplikasi khusus untuk menemukan data yang telah dihapus.
Berikut beberapa langkah-lamgkahnya:
1.Jangan mendefrag atau menjalakan program berat pada komputer Mis:Photoshop.
2. Download aplikasi Pandora Recovery di http://www.pandorarecovery.com/download/ .
3. SEtelah di download instal aplikasi tersebut

4.Setelah program terbuka
Browse:  Fitur untuk penyelamatan data dengan metode normal. Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan Windows Explorer di Windows. Anda bisa meng-klik di partisi mana saja, tempat file yang ingin ada selamatkan (dulu) berada. Otomatis akan terlihat file-file mana saja yang sudah dihapus. Lihat file mana yang anda cari, klik kanan, lalu pilih “recover to”. Pilih ke media mana, anda akan memindahkan data yang ingin diselamatkan tersebut.
5.
Search: Fitur yang kurang lebih sama dengan fitur “advance search” yang biasa terdapat di beberapa website. Kita bisa mencari file terhapus, sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.
6.
Surface Scan: Fitur untuk mencari file terhapus, tetapi dengan kemampuan pencarian yang lebih dalam dan terperinci. Fitur yang disarankan, jika anda tidak puas dengan dua fitur sebelumnya. Kita disediakan pilihan untuk mencari file dengan tipe yang kita inginkan. Ketika yang dicari sudah ditemukan, bisa segera diselamatkan dengan klik kanan, lalu ‘recover to’.
Memang ini bukan satu-satunya software yang bisa menyelamatkan file yang di-”shift+delete”. Pandora Recovery saya sarankan karena memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan cepat dan tidak merepotkan. Saya sudah coba beberapa software recovery lainnya, seperti GetDataBack dan TuneUp Undelete. Tapi tidak ada yang memuaskan.

Selamat mencoba semoga bermanfaat..
saya juga mendapatkan program ini setelah menghapus beberapa data penting dan berusaha mendapatkannya kembali..
jangan lupa saran dan commentnya yah...

4 komentar:

  1. maksimal size data yang bisa di recovery berapa yaa???? sebelumnya terima kasihh....

    BalasHapus
  2. untuk maksimal size data yang bisa direcover oleh pandora sepertinya tidak terbatas yang jelas komputer anda belum didefrag atau tidak menjalankan aplikasi yang berat setelah file tersebut terhapus maka data tersebut akan mudah ditemukan oleh pandora. wassalam...

    BalasHapus
  3. mau tanya, untuk tidak menjalankan aplikasi berat selain photosop itu apa aja? atau lebih gampangnya di maksimalin berapa ukuran aplikasi yang dilarang untuk dibuka...

    BalasHapus
  4. kalo buat internetan termasuk aplikasi berat ga?

    BalasHapus

Buatlah sebuah komentar yang membangun demi perbaikan blog ini..